PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG

Elza, Destina and Ade Sri, Madona (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 08 SURAU GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
ELZA DESTINA i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ELZA DESTINA ii.pdf

Download (194kB)
[img] Text
ELZA DESTINA iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas V SDN 08 Surau Gadang Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPAS melalui model the power of two. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang Kota Padang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mengemukakan pendapat pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 53,8%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 73%. Aktivitas berdiskusi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 59,6%, meningkatnya pada siklus II dengan rata-rata persentase 80,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran the power of two dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar IPAS siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model (The Power Of Two)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:36
Last Modified: 21 Mar 2024 04:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item