Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) DI SDN 38 Lubuk Sao Kabupaten Agam

Salsabilla, Fadilla and Tamrin, Tamrin (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PPKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) DI SDN 38 Lubuk Sao Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif (C1) dan (C2). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 38 Lubuk Sao Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas Guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar aspek kognitif (C1) siklus I 55,55% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Hasil belajar aspek kognitif (C2) siklus I 44,44% pada siklus II meningkat menjadi 88,89%. Sehingga nilai rata – rata hasil tes belajar siklus I mencapai 72,50 dan rata – rata hasil tes belajar siklus II meningkat menjadi 81,80. Sehingga rata – rata dari kedua siklus yaitu 77,15. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PPKn di SDN 38 Lubuk Sao Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:33
Last Modified: 21 Mar 2024 04:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19420

Actions (login required)

View Item View Item