PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 33 SAWAHAN KOTA PADANG

Asih, Setia Rahmah and Dr. Wirnita Eska, M.M., Dr. Wirnita Eska, M.M. (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 33 SAWAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER ASIH SETIA RAHMAH PGSD 2010013411052.pdf

Download (161kB)
[img] Text
PENDAHULUAN ASIH SETIA RAHMAH PGSD 2010013411052.pdf

Download (304kB)
[img] Text
PENUTUP ASIH SETIA RAHMAH PGSD 2010013411052.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ASIH SETIA RAHMAH PGSD 2010013411052.pdf

Download (274kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL ASIH SETIA RAHMAH PGSD 2010013411052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis puisi siswa di kelas V SDN 33 Sawahan kota Padang karena kurangnya kemampuan siswa dalam menemukan ide dan kata pertama dalam puisinya sehingga menyebabkan siswa minim kosa kata. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berbasis Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN 33 Sawahan kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Sawahan kota Padang, yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar penilaian keterampilan menulis siswa. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 78,75% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 85,62%. Rata-rata observasi kegiatan siswa pada siklus I, yaitu 67,75% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 80,5%. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I persentasenya 50% dengan rata-rata hasil belajar 62,49, meningkat menjadi 82,14% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 82,35. Hal ini dapat di simpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berbasis Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 33 Sawahan kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:28
Last Modified: 21 Mar 2024 04:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item View Item