Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition di SDN 34 Air Pacah Padang

Anugrah, Boma Restu and Syofiani, Syofiani (2024) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition di SDN 34 Air Pacah Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 34 Air Pacah Padang serta metode pembelajaran yang digunakan guru terlalu monoton (ceramah). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di SDN 34 Air Pacah Padang. Teori yang digunakan dalam model CIRC dikemukakan oleh Steven dan Slavin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan dan diakhiri dengan tes akhir siklus. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Instrumen penilaian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes akhir siklus. Persentase lembar observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 80%, jadi persentase lembar observasi aktivitas guru mengalamai kenaikkan sebesar 10%. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,5% dan pada siklus II sebesar 81,5%, jadi persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikkan sebesar 14%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentasenya yaitu sebesar 61,5% atau sebanyak 16 orang siswa yang tuntas dari 26 orang siswa dengan rata-rata 66,7. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh persentasenya yaitu sebesar 73% atau sebanyak 19 orang siswa yang tuntas dari 26 siswa dengan rata-rata 74,6, hal ini menunjukkan ada peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11,5% dan dapat juga dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,9. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 34 Air Pacah Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:49
Last Modified: 21 Mar 2024 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19426

Actions (login required)

View Item View Item