PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG

Apritari, Emilda Gunaivi and Wirnita, Eska (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran masih terpusat pada guru dan proses pembelajaran bahasa Indonesia yang disajikan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan tes akhir. Subjek siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hal ini dibuktikan pada observasi aktivitas guru siklus I pertemuan 1 sebesar 64,28% dan pertemuan 2 sebesar 71,42%, jadi persentase peningkatan observasi aktivitas guru siklus I yaitu sebesar 7,14%. Observasi Aktivitas Siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 58,33% dan pertemuan 2 sebesar 66,66%, jadi persentase peningkatan observasi aktivitas siswa siklus I yaitu sebesar 8,33%. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 53,57%. Observasi aktivitas guru siklus II pertemuan 1 sebesar 78,57% dan pertemuan 2 sebesar 85,71%, jadi persentase peningkatan observasi aktivitas guru siklus II yaitu sebesar 7,14%. Observasi Aktivitas Siswa siklus II pertemuan 1 sebesar 75% dan pertemuan 2 sebesar 83,33%, jadi persentase peningkatan observasi aktivitas guru siklus I yaitu sebesar 8,33%. Hasil belajar siswa siklus II sebesar 78,57%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 25%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar ilustrasi melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:27
Last Modified: 21 Mar 2024 04:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item View Item