Reni Utami, Reni (2024) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI METODE INQUIRI DI SD NEGERI 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
i.COVER,HALAMAN PENGESAHAN,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN(1).pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text
ii.BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA(1).pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika melalui metode inquiri di SD Negeri 13 Surau Gadang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 67,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%, persentase minat belajar siswa pada siklus I adalah 65,5 % sedangkan pada siklus II 80%. Sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 70 %, meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hal ini berarti indikator dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan menggunakan metode inquiri dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:58 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:58 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19463 |
Actions (login required)
View Item |