UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI METODE INQUIRI DI SD NEGERI 13 SURAU GADANG PADANG

Reni Utami, Reni (2024) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MELALUI METODE INQUIRI DI SD NEGERI 13 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.COVER,HALAMAN PENGESAHAN,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN(1).pdf

Download (918kB)
[img] Text
ii.BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (110kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika melalui metode inquiri di SD Negeri 13 Surau Gadang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 67,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 85%, persentase minat belajar siswa pada siklus I adalah 65,5 % sedangkan pada siklus II 80%. Sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 70 %, meningkat pada siklus II menjadi 85%. Hal ini berarti indikator dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan menggunakan metode inquiri dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:58
Last Modified: 21 Mar 2024 04:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19463

Actions (login required)

View Item View Item