PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TALKING STICK BERBANTU MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 32 BUNGO PASANG

Nur, Rieke and Asikin, Alyusfitri (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TALKING STICK BERBANTU MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 32 BUNGO PASANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Pengesahan BAB I .pdf

Download (839kB)
[img] Text
Bab kesimpulan saran dan daftar rujukan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Fullteks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya pada kelas IV di SDN 32 Bungo Pasang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick berbantu media wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang, yang berjumlah 28 orang. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa meningkatnya aktivitas guru kelas IV pada pembelajaran matematika melalui metode talking stick berbantu media wordwall. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas guru adalah 69,4%. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas guru adalah 80,5%. Rata-rata hasil belajar siswa yaitu 62,85 pada siklus I dan meningkat pada siklus II 77,85. Persentase tes hasil belajar siswa siklus I 46,43% dan meningkat pada siklus II yaitu 75%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode talking stick berbantu media wordwall di SDN 32 Bungo Pasang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan metode talking stick barbantu media wordwall dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:11
Last Modified: 21 Mar 2024 05:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item View Item