PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI SDN 08 SURAU GADANG NANGGALO PADANG

Fitria, Anggraini and Ade, Sri Madona (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-B PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI SDN 08 SURAU GADANG NANGGALO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Fitria Anggraini.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Bab V dan Daftar Pustaka Fitria Anggraini.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Full Teks Skripsi Fitria Anggraini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada tingkat pemahaman (C2) dan rendahnya kemampuan kerjasama (A2) siswa pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman (C2) dan kemampuan kerjasama (A2) siswa pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDN 08 Surau Gadang Nanggalo Padang. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan observasi yang diperoleh dari hasil pengamatan melakukan tes pembelajaran dan observasi kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat dari siklus I 71,11% menjadi 86,66% pada siklus II, 2) hasil belajar ranah afektif (A2) siswa dari 55,55% pada siklus I meningkat menjadi 75,92% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar IPAS pada ranah kognitif (C2) dan ranah afektif (A2) tersebut disebabkan dengan menggunakan model course review horay. Maka berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bembelajaran IPAS dengan menggunakan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-B SDN 08 Surau Gadang Nanggalo Padang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model course review horay dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:17
Last Modified: 21 Mar 2024 06:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item