PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 02 SUPAYANG KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KABUPATEN SOLOK

Qurrata, Aini and MARSIS, MARSIS (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN 02 SUPAYANG KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB 1QURRATA AINI _ Skripsi _ fix...pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB V QURRATA AINI _ Skripsi _ fix.pdf

Download (177kB)
[img] Text
QURRATA AINI _ Skripsi _ fix...pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN 02 Supayang Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV dengan menggunakan model problem based learning (PBL) di SDN 02 Supayang Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Supayang Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan lembar penilaian keterampilan membaca pemahaman siswa. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 69,40% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 76,65%. Persentase observasi kegiatan siswa pada siklus I, yaitu 66,66% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 83,33%. Nilai hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I persentase 55,0% dengan rata-rata hasil belajar 69,2%, meningkat menjadi 75% pada siklus II denga rata-rata hasil belajar 76,65. Hal ini berarti pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN SDN 02 Supayang Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok. Dengan demikian, disimpulkan bahwa menggunakan Media Gambar dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, model problem based learning (PBL), Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:18
Last Modified: 22 Mar 2024 02:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19506

Actions (login required)

View Item View Item