Anggun, Vitraloka and Siska, Angreni (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Cooperative Learning Together Dikelas V SDN 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, BAB I.pdf Download (769kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
SKRIPSI ANGGUN VITRALOKA 20-049 FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri 2 kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar observasi aktivitas guru sebanyak 62,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 77,5%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 56,6 dengan ketuntasan belajar 40% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 80 diperoleh ketuntasan belajar 80%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci dapat ditingkatkan menggunakan model cooperative learning together. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model cooperative learning together dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:47 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:47 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19538 |
Actions (login required)
View Item |