Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Cooperative Learning Together Dikelas V SDN 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci

Anggun, Vitraloka and Siska, Angreni (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Cooperative Learning Together Dikelas V SDN 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI, BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
SKRIPSI ANGGUN VITRALOKA 20-049 FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri 2 kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar observasi aktivitas guru sebanyak 62,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 77,5%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 56,6 dengan ketuntasan belajar 40% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 80 diperoleh ketuntasan belajar 80%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci dapat ditingkatkan menggunakan model cooperative learning together. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model cooperative learning together dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:47
Last Modified: 22 Mar 2024 02:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item