PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V SD NEGERI 21 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

RIRIN, TRINANDA and Enjoni, Enjoni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V SD NEGERI 21 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (104kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SD Negeri 21 Lubuk Alung. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil belajar yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terdapat peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus 1 bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 65% sedangkan pada siklus II adalah 81%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 40% dengan nilai rata-rata 61,5 meningkat pada siklus II menjadi 80% dengan nilai rata-rata 80,85. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 ada 8 siswa (40%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 16 siswa (80%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 21 Lubuk Alung. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:44
Last Modified: 22 Mar 2024 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item