DINA, Dr. and NOVALIA, Enjoni (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 03 ALAI TIMUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (328kB) |
|
Text
Full Teks SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Peneitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA proses belajar mengajar cendrung menggunakan pendekatan konvesional yaitu metode ceramah dan kondisi kelas yang menotor kegiatan lebih perpusat pada guru dan guru juga minimnya menggunakan media pembeajaran serta kurangnya kerja sama siswa berkelompok. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar kongnitif siswa melalui penerapan model Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua sikus, masing-masing siklus terdiri dua kali pertemuan dan tes akhir siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa 17 laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar tes hasil belajar dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 42,85% dengan rata-rata 70,17% meningkat pada siklus II sebesar 82,14% dengan rata-rata 83,92% peningkatan aktivitas guru. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerpan model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar kognitif kelas V di SD 03 Alai Timur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:54 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19560 |
Actions (login required)
View Item |