PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA COUPLE CARD DI SDN 09 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT

MUTIA, RAHMI and Sayuti, Sayuti (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA COUPLE CARD DI SDN 09 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (187kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Hanya guru yang berperan aktif siswa pasif menerima dan kesulitan siswa dalam proses pembelajaran, kesulitan tersebut adalah siswa sulit dalam memahami isi bacaan, kesulitan dalam menjawab pertanyaan, kesulitan untuk diminta menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model Problem Based Learning menggunakan media Couple Card di SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca teori yang dikemukakan oleh Tarigan (2008), model problem based learning teori yang dikemukakan oleh Shoimin (2013), media couple card teori yang dikemukakan oleh (Zulfahnur, 2020:5). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikemukakan Jannah (2016). Prosedur penelitian ini adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 17 orang peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang ketiga dilakukannya tes akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 66% dan pada siklus II dengan persentase 84,3% mengalami peningkatan dengan persentase 18,3%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 52,5% dan pada siklus II dengan persentase 87,3% mengalami peningkatan 35%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh persentase 35%, dan pada siklus II dengan rata-rata persentase 88% mengalami peningkatan 53%. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning menggunakan media couple card dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 09 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:53
Last Modified: 22 Mar 2024 02:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19561

Actions (login required)

View Item View Item