PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 54 ANAK AIR

Nesi, Natasa and Gusmaweti, Gusmaweti (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 54 ANAK AIR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMANAN PENGESAHAN,ABSTRAK, BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI NESI NATASA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah. Yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning dikelas III SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. satu siklus terdiridari 2 kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Terdapat empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen yang digunakan aktivitas dalam penelitian ini berupa lembar observasi guru, lembar observasi siswa , tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II Terjadi peningkatan aktivitas bertanya pada siklus I 61,53% dan menjawab 62,81% dengan rata-rata 62,17%. Kemudian meningkat pada siklus II dengan aktivitas bertanya 82,7% menjawab 85,24% dengan rata-rata 83,97%. Hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 23,07% dengan rata-rata hasil belajar 55,19 meningkat menjadi 88,46% dengan rata-rata hasil belajar 87,88 pada siklus II. Dari hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 54 Anak Air Kota Padang dan peneliti menyarankan agar guru menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:51
Last Modified: 22 Mar 2024 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item