Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas 2 di SDN 04 Kampung Olo Kota Padang

Samantha, Mutiara and Wirnita, Eska (2024) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas 2 di SDN 04 Kampung Olo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[img] Text (Repository staff only)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa di kelas II SDN 04 Kampung Olo Kota Padang. Hal ini disebabkan pada saat proses pembelajaran cendrung terpusat pada guru dan proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang disajikan kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakkan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 04 Kampung Olo Kota Padang yang berjumlah 26 orang. Instrument penelitian ini yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar tes akhir kemampuan membaca. Hal ini dibuktikan pada observasi aktivitas guru siklus I pertemuan 1 sebesar 50% dan pertemuan 2 sebesar 67,85%. Observasi Aktivitas Siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 66,66% dan pertemuan 2 sebesar 75,0%. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 61,34%. Observasi aktivitas guru siklus II pertemuan 1 sebesar 75% dan pertemuan 2 sebesar 89,28%. Observasi Aktivitas Siswa siklus II pertemuan 1 sebesar 83,33% dan pertemuan 2 sebesar 91,6%. Hasil belajar siswa siklus II sebesar 75,19%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:55
Last Modified: 22 Mar 2024 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19563

Actions (login required)

View Item View Item