PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 54 ANAK AIR

Khairan, Sauma and Enjoni, Enjoni (2024) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 54 ANAK AIR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, PENDAHALUAN.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB V, KESIMPULAN ,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI KHAIRAN SAUMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa di kelas III B pada pembelajaran IPA di SDN 54 Anak Air Kota Padang . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas III SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini terdiri dari dua siklus, di dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas III B SDN 54 Anak Air Kota Padang berjumlah 26 orang siswa, laki- laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Instrumen yang di gunakan di dalam penelitian berupa lembar observasi guru , lembar observasi minat siswa, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa hal ini di buktikan dengan peningkatan minat siswa dari siklus I ke siklus II dimana rata-rata minat siswa pada siklus I adalah 65,58 % , dan pada siklus II adalah 89,89%. Hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan siswa pada silklus I sebesar 53,84 % dengan rata-rata hasil belajar 61,07 meningkat menjadi 96,15 dengan rata-rata hasil belajar pada siklus II 90. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Problem Based Learnnig dapat meningkat kan minat dan hasil belajar siswa kelas III B SDN 54 Anak Air. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci :Minat, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:52
Last Modified: 22 Mar 2024 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item