PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA TUTUP BOTOL BEKAS PADA SISWA KELAS 1 DI SDN 05 TAEH BARUAH KABUPATEN 50 KOTA

Sofia, Nuraini and M., Sayuti (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA TUTUP BOTOL BEKAS PADA SISWA KELAS 1 DI SDN 05 TAEH BARUAH KABUPATEN 50 KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bab i dan cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5 dan daftar pustaka Sopia Nuraini.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Skripsi bab 1-5 dan lampiran SOPIA NURAINI 20-210.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa dikelas 1 Di SDN 05 Taeh Baruah. Ditemukan bahwa Proses pembelajaran disekolah tersebut masih banyak mengalami kesulitan membaca, dikarenakan belum mengenal huruf abjad dengan keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran membaca permulaan dan peningkatan hasil kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 Di SDN 05 Taeh Baruah dengan model Problem Based Learning menggunakan media Tutup Botol Bekas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini membaca permulaan menurut Astuti (2016), dengan model Problem Based Learning menurut Intan (2021:8), berbasis media Tutup Botol Bekas menurut Muyassroh (2022:3). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I di SDN 05 Taeh Baruah yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa, presentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 66,66% meningkat pada siklus II 83,33%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 55% meningkat pada siklus II menjadi 80%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dalam dua siklus diperoleh dengan persentase siklus I yaitu 60% dengan nilai rata-rata 66 meningkat pada siklus II dengan persentase 80% dengan nilai rata-rata 80. Dapat di simpulka bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Learning berbasis media Tubokas dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 05 Taeh Baruah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:05
Last Modified: 22 Mar 2024 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19574

Actions (login required)

View Item View Item