PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA KELAS V DI UPT SDN 35 AMBACANG KAMBA KABUPATEN PESISIR SELATAN

Gema, Ari Yono and Hidayati, Azkiya (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA KELAS V DI UPT SDN 35 AMBACANG KAMBA KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V di UPT SDN 35 Ambacang Kamba Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) kelas V SDN 35 Ambacang Kamba. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model STAD yang dikemukakan Wulandari (2022:20). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah siswa 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas keterampilan menulis Teks Eksplanasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah kelas V di UPT SDN 35 Ambacang Kamba Kabupaten Pesisir Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterampilan menulis teks eksplanasi, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata persentase pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I mencapai 68,31% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 89,81% dengan kategori sangat baik. Rata-rata persentase pelaksanaan data aktivitas siswa siklus I mencapai 69,53% dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai 86,62% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa pada siklus I sebesar 44,44% dengan rata-rata 64,72 dan meningkat pada Siklus II sebesar 83,33% dengan rata-rata 81,27 dengan rata-rata kenaikan sebesar 38,89. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V di UPT SDN 35 Ambacang Kamba Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 02:59
Last Modified: 22 Mar 2024 02:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19576

Actions (login required)

View Item View Item