Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas V melalui Model Problem Based Learningdi SDN 27 Koto Batu Hampar Kecamatan Koto Xi Tarusan

Putri, Harisandi and Darwianis, Darwianis (2024) Meningkatkan Hasil Pembelajaran PKn Siswa Kelas V melalui Model Problem Based Learningdi SDN 27 Koto Batu Hampar Kecamatan Koto Xi Tarusan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN, ABSTRAK , DAFTAR ISI.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN 27 Koto Batu Hampar, dan bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn-nya dengan menggunakan modelProblemBased Learning, sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dua siklus dan dengan subjek siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024berjumlah 27orang.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa,lembar evaluasi siswa dan lembar afektif siswa.Hasil PTK ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.Hal ini dibuktikan pada hasil belajar (kognitif) yang diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I ke siklus II naik secara signifikan yaitu 52% menjadi 81%.Selanjutnya pada ranah afektif siswa yang juga meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari 70 menjadi 86.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modelProblem Based Learning pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar (kognitif C.2) dan ranah (afektif A.2) siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:03
Last Modified: 22 Mar 2024 03:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19586

Actions (login required)

View Item View Item