PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS V DI SDN 02 TANJUNG PUAN ABAI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Wahyumi Ersa, Darwianis (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS V DI SDN 02 TANJUNG PUAN ABAI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB 1 wahyumi ersa.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB V - RUJUKAN wahyumi ersa.pdf

Download (365kB)
[img] Text
wahyumi ersa skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil pembelajaran PPKn siswa kelas V di SDN 02 Tanjung Puan Abai Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan desaian quasi eksperimental design, pada desain ini terdapat dua kelas, kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Tanjung Puan Abai. Dua kelas menjadi kelas penelitian adalah kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan V-A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 15 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian ini, terlihat bahwa 2,861 lebih besar daripada 1,701. Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh dalam meninghatkan hasil pembelajaran PPKn siswa pada CP fase C elemen Bhineka Tunggal Ika “Jati Diri dan Lingkunganku” di kelas V SDN 02 Tanjung Puan Abai Kabupaten Solok Selatan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:15
Last Modified: 22 Mar 2024 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item