Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Menggunakan Pendekatan Quantum Teaching Berbantuan Media Flash Card Kelas IV SD Negeri 189/III Suko Pangkat di Kabupaten Kerinci

Laura, maika vontesa and Siska, Angreni (2024) Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Menggunakan Pendekatan Quantum Teaching Berbantuan Media Flash Card Kelas IV SD Negeri 189/III Suko Pangkat di Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - DAFPUS.pdf

Download (178kB)
[img] Text
WATERMARK SKRIPSI LAURA M.V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SD Negeri 189/III Suko Pangkat dengan memanfaatkan media Flash Card. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan jumlah siswa 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pada lembar observasi aktivitas guru sebanyak 66,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 80,00%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74 dengan ketuntasan 50%, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,16 dengan ketuntasan 83,33%. Dapai disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang berbantuan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 189/III Suko Pangkat di Kabupaten Kerinci. Saran guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media Flash Card sebagai variasi model dalam pembelajaran IPA, sedangkan bagi siswa hasil yang telah dicapai hendaknya dipertahankan dan lebih semangat lagi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:18
Last Modified: 22 Mar 2024 03:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item View Item