UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SD NEGERI 02 AIRPURA

Tri Fani, Arman and Arlina, Yuza (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SD NEGERI 02 AIRPURA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER TRI FANI ARMAN 2010013411092.pdf

Download (982kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA TRI FANI ARMAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI TRI FANI ARMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatakan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SD N 02 Airpura. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Aipura dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi guru dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi guru pada siklus I rata-rata persentase yang diperoleh sebesar 74,99 %, pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh guru meningkat menjadi 87,5 %. Sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I persentase yang diperoleh sebesar 50 %, pada siklus II persentase tes kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD N 02 Airpura kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, pendekatan realistic mathematics education (RME).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:21
Last Modified: 22 Mar 2024 03:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19609

Actions (login required)

View Item View Item