PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV-C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTU MEDIA POWER POINT DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG

Mifta, Sahada and Hendrizal, Hendrizal (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV-C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTU MEDIA POWER POINT DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan bab I Mifta Sahada.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V dan Daftar Pustaka Mifta Sahada.pdf

Download (38kB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTA SAHADA FULL 11.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri di kelas IV-C SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-C yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebenarnya 67,5% sedangkan siklus II dperoleh sebesar 85%. Persentase analisis penilaian afektif siswa siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 74,5% sedangkan siklus II diperoleh sebesar 91,5%. Persentase ketuntasan hasil pembelajaran siswa pada siklus I adalah 58% dengan nilai rata-rata 65, meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan nilai rata-rata 88. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus I ada 14 siswa (58%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 22 siswa (91%). Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV-C dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri di SDN 01 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Inkuiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:25
Last Modified: 22 Mar 2024 03:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19635

Actions (login required)

View Item View Item