PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENIGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 05 SURAU GADANG

Adinda Aprillia, Candra and Ira, Rahmayuni Jusar (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENIGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI ADINDA APRILLIA CANDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 05 Surau Gadang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui model problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 05 Surau Gadang yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata – rata 65,90 % dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 79,54 %. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata – rata 57 % dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 81 %. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata – rata 68,88 dengan persentase ketuntasan 52 %, dan pada siklus II diperoleh rata – rata 82,96 dengan persentase ketuntasan 81 %. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model problem based learning (PBL), agar kedepannya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:31
Last Modified: 22 Mar 2024 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item View Item