PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL TEAM QUIZ DI SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Sapitri, Indah and Yulfia, Nora (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL TEAM QUIZ DI SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,HALAMAN PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Negeri 35 Pagambiran Kota Padang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar peniaian afektif siswa dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar kognitif tingkat C2 (kemampuan pemahaman) siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan sebesar 61% dengan rata-rata 77,53 mengalami peningkatan sebesar 82% pada siklus II dengan rata-rata 82,07. Sedangkan hasil belajar afektif tingkat A2 (kemampuan kerja sama) pada siklus I diperoleh rata – rata sebesar 77,22 dengan persentase sebesar 50%, meningkat pada siklus II dengan rata – rata sebesar 91,51 dan persentase sebesar 80,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Untuk itu disarankan agar guru dapat menerapkan model team quiz dalam pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Model Team Quiz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:35
Last Modified: 22 Mar 2024 03:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item