ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Melsik, Jeni Putri and Yuza, Arlina (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 35 PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,HALAMAN PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelas V di SD Negeri 35 Pagambiran Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 35 Pagambiran dengan menggunakan pengambilan teknik sampel jenuh. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan literasi numerasi dengan capaian tiap indikator : ( 1) Menggunakan bermacam-macam angka dan simbol berkaitan dengan matematika dasar pada pemecahan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan persentase 10,66% yang berada pada kategori sangat rendah. Indikator (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dari berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan) dengan persentase 10% yang termasuk dalam kategori sangat rendah. Indikator (3) Menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan memperoleh persentase 13,33% juga berada pada kategori sangat rendah. Secara akumulatif, rata-rata persentase kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelas V di SD Negeri 35 Pagambiran Kota Padang sebesar 33,93% yang berada pada kategori rendah. Kata Kunci: Kemampuan, Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:38
Last Modified: 22 Mar 2024 03:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19648

Actions (login required)

View Item View Item