PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI 32 BUNGO PASANG PADANG

NURUL, PRATIWI and Susi, Herawati (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI 32 BUNGO PASANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
HALAMAN COVER SAMPAI BAB I FIX.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB V SAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI NURUL PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika kelas IV melalui model project based learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang yang berjumlah 28 orang siswa. Intrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 70,8% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 60,25%dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80,4%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 46,78% dengan persentase ketuntasan 17,85%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata 68,57% dengan persentase ketuntasan 60,71%. Dapat disimpulkan bahwa model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model project based learning (PjBL), agar kedepannyameningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:42
Last Modified: 22 Mar 2024 03:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item