PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN 18 SIMALEGI SIBERUT BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Fia Afriani, Fia Afriani and Gusnetti, Gusnetti and MARSIS, MARSIS (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN 18 SIMALEGI SIBERUT BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER -BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
THESIS FIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 18 Simalegi melalui Model Student Teams Achiement Division (STAD). Teori yang dijadikan acuan dalam menganalisis data adalah pendapat Arikunto (2012) dan Nasution (2008). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023 di SDN 18 Simalegi Kecamatan Siberut Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 18 Simalegi Kecamatan Siberut Barat yang berjumlah 36 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian bahwa (1) rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I 72,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. (2) persentase siswa yang tuntas pada aktivitas belajar siswa siklus I diperoleh 59,7% meningkat menjadi 83,32% pada siklus II. (3) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,44% menjadi 94,44% pada siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan Model Student Teams Achiement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 18 Simalegi. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Model STAD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:27
Last Modified: 22 Mar 2024 05:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19678

Actions (login required)

View Item View Item