PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 08 SURAU GADANG

Disya, Octa Sindra and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
47 DISYA OCTA SINDRA 1610013411005 Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan di kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori sangat valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 0,96 oleh dosen ahli desain, nilai validitas 1,00 oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 0,85 oleh dosen ahli materi, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 0,93 pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 94,7 % oleh pendidik dan juga dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,5%. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor berbasis pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat membangun pengetahuannya dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul IPA, Kontruktivisme, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Elzuhri
Date Deposited: 02 Jul 2020 08:26
Last Modified: 02 Jul 2020 08:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item