PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 02 KOTO NAN IV KABUPATEN PESISIR SELATAN

Dita, Naura Nazhifah and Yulfia, Nora (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 02 KOTO NAN IV KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover, halaman pengesahan, abstrak ,daftar isi, bab pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf

Download (242kB)
[img] Text
SKRIPSI DITA NAURA NAZHIFAH 20-136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas V di SDN 02 Koto Nan IV Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental design. Dengan rancangan Randomized Control Group Only Design, pada desain ini terdapat dua kelas yang dipilih secara random, kemudian dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Koto Nan IV dengan teknik penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal. Rata-rata yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 85,8 sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata 73,6. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis. Dari hasil penelitian, terlihat nilai sig (2- tailed) < 0,05 (0,001 < 0,05). Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 02 Koto Nan IV Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:30
Last Modified: 25 Mar 2024 01:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19751

Actions (login required)

View Item View Item