UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN 55 AIR PACAH

Zahra Erlina, Erlina and Arlina Yuza, Yuza (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN 55 AIR PACAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Pada materi luas bangun datar persegi, persegi panjang, segitiga dan jajar genjang. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan pada penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar angket kepercayaan diri siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil data lembar angket kepercayaan diri siswa pada siklus I sebesar 88% Meningkat menjadi 90% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I 48% atau 12 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 72% atau 18 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:31
Last Modified: 25 Mar 2024 01:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19762

Actions (login required)

View Item View Item