PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS III SD PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP

Putri, Fadillah Azzahra and Ashabul Khairi, S.T., M.Kom, Khairi (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS III SD PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bab V dan rujukan putri fadillah azzahra 20-178.pdf

Download (191kB)
[img] Text
cover putri fadillah azzahra 20-178.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Skripsi full Putri fadillah azzahra 20-178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas III SD Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan proses belajar guru pada siklus I 80,55 % dengan kategori baik dan pada siklus II 86 % dengan kategori baik, Sedangkan hasil belajar juga meningkat dimana rata-rata hasil belajar perserta didik pada siklus I adalah 74,31 dengan ketuntasan klasikal 59% sementara rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 84,54 dengan ketuntasan klasikal 82%. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas III di SD Pembangunan Laboratorium UNP melalui model Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model Contextual Teaching and Learning agar kedepannya dapat meningkat hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:35
Last Modified: 25 Mar 2024 01:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item