Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan

Mardha, Tillah and Ira, Rahmayuni Jusar (2024) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
SKRIPSI MARDHA TILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru belum mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata yang pernah dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Dengan desain Randomized Control-Group Posstest Only Design, pada desain ini terdapat dua kelas yang dipilih secara random, kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 20 Muara Jambu dengan teknik dalam penentuan sampel adalah menggunakan simple random sampling. Dua kelas menjadi kelas sampel adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 10 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini, terlihat bahwa nilai signifikansi 0,002 yang artinya nilai signifikansi Sig (2-tailed) < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2023/2024. Penggunaan pendekatan realistic mathematics education (RME) memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar matematika siswa sehingga diharapkan kepada guru agar dapat dijadikan sebagai alternatif dalam penyampaian materi pelajaran pada siswa. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Hasil belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:12
Last Modified: 25 Mar 2024 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19856

Actions (login required)

View Item View Item