PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO DI SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG

Randi Zonnanda, Putra and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO DI SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SDN 08 Surau Gadang, Kota Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui model pembelajaran The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, observasi kegiatan guru, dan tes hasil belajar siswa. Diperoleh hasil penelitian bahwa 1) hasil aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru meningkat dari siklus I 70% menjadi 85% di siklus II, 2) rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67% dengan nilai rata-rata 75,92 menjadi 89% nilai rata-rata 78,85 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I 70% menjadi 85% pada siklus II. Dan terjadi peningkatan hasil belajar pada Siklus I 66,66% menjadi 89% di siklus II pada pembelajaran IPA siswa kelas IV melalui model pembelajaran The Power of Two di SDN 08 Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan model The Power of Two sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:32
Last Modified: 25 Mar 2024 07:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item View Item