PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG

Farud, Arif Rahman and Risa, Yulisna (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI FARUDD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
i. COVER, HALAMAN PENGESAHAN, BAB 1 FARUDD (1).pdf

Download (974kB)
[img] Text
ii. KESIMPULAN DAN DAFPUS.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah, Kota Padang yang disebabkan pada saat pembelajaran guru masih sulit menentukan model pembelajaran yang cocok digunakan sehingga ketercapaian anak dalam menulis masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis siswa melalui model Think Pair Share (TPS) dan mendeskripsikan sejauh mana hasil belajar keterampilan menulis melalui model Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah, Kota Padang yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. persentase lembar aktivitas guru pada siklus I 70%, dan siklus II 80%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas guru mengalami kenaikan sebesar 10% karena telah melakukan evaluasi antara peneliti dengan guru kelas selaku observer. Persentase lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I 69%, dan pada siklus II 82%. Jadi, persentase lembar observasi aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 13%, hal tersebut terjadi karena pada tahap refleksi peneliti telah melakukan evaluasi pada pelaksanaan penelitian. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis siswa pada siklus I 60%, dengan rata-rata hasil belajar 71,8. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 79% dengan rata-rata hasil belajar 77,3. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:03
Last Modified: 26 Mar 2024 02:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19886

Actions (login required)

View Item View Item