PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Afifah, Miftahul Jannah and Arlina, Yuza (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
FULL TEKS Skripsi_Cetak_Afifah[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian iní yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V pada pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran RADEC di SDN 02 Sitiung. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan ujian akhir siklus pada akhir pertemuan siklus I dan II Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Sitiung, yang berjumlah 23 orang, Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru diperoleh hasil persentase aktivitas guru yaitu 54,54% pada siklus I pertemuan I dan pada siklus I pertemuan II diperoleh persentase 63,63%. Dan pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase 72,72%, dan pertemuan II diperoleh 81,81%. Hasil belajar Siklus I pada pertemuan I memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 55,28%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai rata-rata kelas sebesar 76,17%. Jadi dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SDN 02 Sitiung.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model RADEC dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:17
Last Modified: 26 Mar 2024 06:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item