Afifah, Miftahul Jannah and Arlina, Yuza (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf Download (789kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text
FULL TEKS Skripsi_Cetak_Afifah[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian iní yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V pada pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran RADEC di SDN 02 Sitiung. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan ujian akhir siklus pada akhir pertemuan siklus I dan II Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Sitiung, yang berjumlah 23 orang, Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru diperoleh hasil persentase aktivitas guru yaitu 54,54% pada siklus I pertemuan I dan pada siklus I pertemuan II diperoleh persentase 63,63%. Dan pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase 72,72%, dan pertemuan II diperoleh 81,81%. Hasil belajar Siklus I pada pertemuan I memperoleh persentase rata-rata kelas sebesar 55,28%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase nilai rata-rata kelas sebesar 76,17%. Jadi dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SDN 02 Sitiung.Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model RADEC dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:17 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19969 |
Actions (login required)
View Item |