ANALISIS KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 IV KOTO AUR MALINTANG

Boy Sandi, H Pratama and Karmila, Suryani (2024) ANALISIS KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 IV KOTO AUR MALINTANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
FULLTEXS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di SMKN 1 IV Koto Aur Malintang menggunakan metode mixed method, yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Pertama, survei kuantitatif dilakukan terhadap 22 guru untuk mengidentifikasi jenis dan kesulitan yang mereka hadapi. Data survei dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26. Tahap kedua melibatkan wawancara kualitatif dengan 5 guru secara terstruktur untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kesulitan yang dihadapi. Data kualitatif dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan t hitung (3,803) > t tabel (2,086), mengindikasikan bahwa Kurikulum Merdeka di SMKN 1 IV Koto Aur Malintang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesulitan dalam implementasinya. Selanjutnya, analisis ANOVA menunjukkan F hitung sebesar 14,462 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, yang menyimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh signifikan terhadap kesulitan guru dalam penerapannya. Koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,391 (39,1%), mengindikasikan bahwa variabel Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh terhadap kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Meskipun demikian, sebesar 71,9% dari variasi tersebut dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Interpretasi koefisien korelasi (r) menegaskan bahwa pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap kesulitan guru tergolong kuat, dengan interval koefisien antara 0,60 hingga 0,799. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Kesulitan Guru, Mixed Method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 26 Mar 2024 08:00
Last Modified: 26 Mar 2024 08:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19979

Actions (login required)

View Item View Item