Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Belajar Pada Materi Perkalian Kelas II SDN 08 Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Velia, Oktavianti and syafni, Gustina Sari and Ira, Rahmayuni Jusar (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Belajar Pada Materi Perkalian Kelas II SDN 08 Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER SAMPAI BAB 1.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB V SAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
SKRIPSI VELIA OKTAVIANTI Revisi (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kotak belajar pada pembelajaran matematika materi perkalian untuk kelas II SDN 08 Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai yang valid,praktis,dan efetif.Jenis penelitian ini yang digunakan adalah 4D yaitu defien (pendefenisian),design (perancangan), developmen (Pengembangan), dandisseminate (penyebaran).penelitian ini dibatasi sampai pada tahap devolopment atau pengembangan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2022\2023.istrumen penelitian ini meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas(angket respon pendidik dan peserta didik)dan lembar efektifitas (soal pretes dan posttest). dalam proses validasi media divalidasi 1 orang ahli tampilan, 1 orang ahli materi.pada proses praktisan,media di uji cobakan oleh 1 pendidik dan 11 peserta didik.berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media kotak belajar kelas II menghasilkan media yang memenuhi kriteria sangat valid presentase 88,8%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 88,6%, dan memenuhi kriteria keefektifan tinggi dengan nilai 0,74. berdasarkan hasil penelitianbahwa media kotak belajar pada pembelajaran matematika materi perkalian kelas II SD memenuhi kriteria sangata valid,sangat praktis,dan keefektifan tinggi untuk digunakan sebagai salah satu media dalampembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas II di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:31
Last Modified: 27 Mar 2024 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20010

Actions (login required)

View Item View Item