Peningkatan Hasil Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Menggunakan Model Picture And Picture di SD Negeri 41 Kapuh Kabupaten Pesisir Selatan

Fazat, Azizah and DARWIANIS, DARWIANIS (2024) Peningkatan Hasil Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Menggunakan Model Picture And Picture di SD Negeri 41 Kapuh Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARA, DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Skripsi Full Fazat Azizah .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri 41 Kapuh. Selain itu, permasalahan dalam penelitian ini juga dapat diketahui bahwa di SD Negeri 41 Kapuh khususnya kelas V belum ada menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Picture and picture di UPT SDN 41 Kapuh. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian ini yaitu data observasi aktivitas guru dan lembar tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklus dilakukan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 dengan persentase 70,83% dan meningkat pada siklus 2 dengan persentase 95,83%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan persentase 63,93% dan meningkat pada siklus 2 yaitu 76,06%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Saran dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Picture and picture salah satu alternatif guru dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:31
Last Modified: 27 Mar 2024 03:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item