PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 15 SUNGAI GERINGGING PADANG PARIAMAN

Lucy Oktavia, Yurnalis and Tamrin, Tamrin (2024) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 15 SUNGAI GERINGGING PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i upload.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ii upload.pdf

Download (188kB)
[img] Text
iii upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 15 SUNGAI GERINGING PADANG PARIAMAN Lucy Oktavia Yunarlis1, M. Tamrin1, 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Lucyoktavia13@icloud.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian ada 4 yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 09 Sungai Geringging yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes belajar siswa, lembar siswa, dan lembar aktivitas guru. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 42,4% dengan rata-rata hasil belajar 69,7 dan meningkat pada siklus II sebesar 67% dengan rata-rata hasil belajar 72,5 dimana siswa mengalami perubahan cara belajar dengan menggunakan model Picture and Picture siswa dapat menunjukkan peningkatan hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 14 Sungai Geringging. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Picture and Picture, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:35
Last Modified: 28 Mar 2024 04:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20152

Actions (login required)

View Item View Item