Analisa Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan di Jhoni Anwar Kota Padang (Studi kasus: Jalan Jhoni Anwar, Didepan SD Negeri 06 Kampung Lapai)

Fazira, Nabila Wenny and TAUFIK, TAUFIK (2024) Analisa Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan di Jhoni Anwar Kota Padang (Studi kasus: Jalan Jhoni Anwar, Didepan SD Negeri 06 Kampung Lapai). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, dan BAB Pendahuluan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
FullTeks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan penting dalam sektor perhubungan darat, dalam kehidupan masyarakat modern, dengan berkembangnya teknologi, pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk mengakibatkan banyaknya aktivitas kegiatan yang dilakukan, sedangkan kapasitas dan kinerja jalan yang menampung arus kendaraan semakin terbatas. Kemacetan lalu lintas yang terjadi pada ruas Jalan Jhoni Anwar dapat di sebabkan oleh salah satu faktor yaitu Hambatan Samping. Hambatan Samping ini dapat memberikan dampak negatif terhadap kinerja lalu lintas dari aktifitas samping dari segmen jalan, seperti arus kendaraan yang lambat, pejalan kaki atau penyebrang jalan, kendaraan yang keluar dan masuk dari sisi jalan. Adanya aktifitas hambatan samping dan kegiatan lalu lintas masyarakat yang berada di sepanjang jalan dapat memberikan pengaruh terhadap kecepatan kendaraan yang melalui jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spengaruh hambatan samping dan kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Jhoni Anwar Kota Padang. Metode penelitian ini berpedoman pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Dalam penelitian ini didapatkan hasil hambatan samping pada Jalan Jhoni Anwar yang tepatnya berada di depan SD Negeri 06 Kampung Lapai ini masih dikategori kriteria rendah dan sedang . Dimana didapat nilai hambatan samping tertinggi selama satu minggu pengamatan yaitu 352,4 pada hari Jumat pukul 16.00-17 WIB, dikarenakan pada titik pengamatan banyak pengguna jalan yang berhenti dan parkir disisi jalan hinga ke badan jalan untuk berbelanja di pedagang kaki lima, serta kendaraan yang keluar masuk dari sisi samping jalan. Hal ini dapat mengurangi kapasitas jalan sehingga menimbulkan kemacetan pada beberapa titik pengamatan diruas jalan Jhoni Anwar. Untuk Tingkat Pelayanan pada Jalan Jhoni Anwar di dapat pada tingkat C dimana menunjukkan bahwa kondisi arus lalu lintas masih dalam batas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi dan hambatan dari kendaraan lain semakin besar. Kata kunci: Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan, PKJI 2023

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:27
Last Modified: 04 Sep 2024 02:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21464

Actions (login required)

View Item View Item