Rahma yucica, Rahma Yucica (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA POP UP BOOK KELAS V SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
FIKS ABSTRAK REPO.pdf Download (841kB) |
|
Text
BAB V REPO.pdf Download (214kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI 1-5 DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan sosial (IPAS) siswa kelas V di SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang, di mana nilai Sumatif Tengah Semester (STS) dari 27 orang siswa hanya 10 orang siswa dengan persentase 37,0% yang menguasai materi pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan model Project Based Learning (PjBL) berbantu media pop up book di kelas V SDN 36 Gunung Sarik. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V SDN 36 Gunung Sarik yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar tes akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh persentase pada siklus I sebesar 44,44% dan meningkat pada siklus II sebesar 92,59%, ranah hasil belajar afektif kemampuan menghargai budaya bangsa siswa pada siklus I memperoleh persentase 53,7% meningkat pada siklus II sebesar 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPAS siswa kelas V dapat ditingkatkan dengan menggunakan model PjBL berbantu media pop up book di SDN 36 Gunung Sarik. Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:48 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:48 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21699 |
Actions (login required)
View Item |