PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VC SD NEGERI 33 SAWAHAN PADANG

ANKE, TILESDIG MESANT and Ira, Rahmayuni Jusar (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VC SD NEGERI 33 SAWAHAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI ANKE TILESDIG MESANT 20-126 (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VC SD Negeri 33 Sawahan Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VC. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC SD N 33 Sawahan Padang yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar angket minat belajar siswa dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, pada observasi kegiatan guru pada siklus I memperoleh 100% dan pada siklus II memperoleh 100%, hasil minat belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 77% dan meningkat pada siklus II menjadi 83%, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 orang siswa (50%) tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 14 orang siswa (50%). Siklus II persentase ketuntasan siswa sebanyak 25 orang siswa (89%) tuntas, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa (11%), dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VC SD Negeri 33 Sawahan Padang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:57
Last Modified: 04 Sep 2024 06:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item