Zeli, Agustin and Tamrin, Tamrin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IV A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DI SDN 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text
FULLTEKS ZELI AGUSTIN 20-241.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitain ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas IV A. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kogntif dan afektif siswa kelas IV A pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan model mind mapping Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A SDN 03 Alai Timur Kota Padang yang berjumlah 28 Siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktifitas guru, lembar observasi hasil belajar aspek afektif dan lembar hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, persentase lembar hasil belajar aspek afektif pada siklus I yaitu 74,10% meningkat pada siklus II menjadi 84,8%. Sedangkan hasil belajar siswa aspek kognitif diperoleh persentase siklus I yaitu 69,5% meningkat pada siklus II dengan persentase 88%. Dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa kelas IV A SDN 03 Alai Timur Kota Padang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 09:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 09:04 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21908 |
Actions (login required)
View Item |