Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Raya Pada Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga, Studi Kasus : Batas Kota Padang Panjang – Batusangkar (STA 88+000 – 93+000)

Rifaldo, Aljuma and Sari Ayu, Embun (2024) Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Raya Pada Permukaan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga, Studi Kasus : Batas Kota Padang Panjang – Batusangkar (STA 88+000 – 93+000). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN atau PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT_ALJUMA.R.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jalan raya memainkan peran krusial dalam sistem transportasi dan arus lalu lintas. Kerusakan pada jalan raya dapat berdampak signifikan terhadap kelancaran lalu lintas. Penelitian ini berfokus pada ruas jalan Batas Kota Padang Panjang – Batusangkar dari STA 88+000 hingga STA 93+000 yang mengalami kerusakan. Untuk menilai kondisi kerusakan tersebut, digunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga. Metode PCI menilai kondisi jalan dengan rentang nilai dari 0 hingga 100, sedangkan Bina Marga mengevaluasi prioritas perbaikan dengan rentang nilai dari 0 hingga 7. Dalam analisis ini, ditemukan berbagai jenis kerusakan, termasuk retak melintang dan memanjang, retak kulit buaya, serta lubang. Hasil evaluasi dengan metode PCI menunjukkan nilai rata-rata 27, yang mengindikasikan kondisi perkerasan jalan berada dalam kategori Buruk (poor). Sementara itu, penilaian dengan metode Bina Marga menunjukkan nilai prioritas perbaikan berada pada rentang 0 hingga 3, yang menandakan bahwa jalan tersebut perlu dimasukkan ke dalam program peningkatan. Secara keseluruhan, kedua metode memberikan hasil yang konsisten, menunjukkan bahwa kondisi jalan tersebut tergolong buruk dan memerlukan tindakan perbaikan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:24
Last Modified: 04 Sep 2024 13:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item View Item