PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI UPTD SD NEGERI 04 SARILAMAK

Annisa, Fitri Utami and M. Tamrin, M. Tamrin (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI UPTD SD NEGERI 04 SARILAMAK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER ANNISA.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK DAN DAFTAR ISI ANNISA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V ANNISA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI ANNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 04 Sarilamak dengan menggunakan model Example Non Example. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan dari penelitian ini berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan II siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa, dan lembar tes hasil belajar. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 57% dengan nilai rata-rata 74%, sedangkan pada siklus II adalah 86% dengan nilai rata-rata 87%. Persentase kemampuan kerja sama siswa pada siklus I adalah 62% meningkat pada siklus II menjadi 84%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif (C2), kemampuan pemahaman dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa spek afektif (A2), kemampuan kerja sama siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:01
Last Modified: 05 Sep 2024 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21959

Actions (login required)

View Item View Item