Ririn Tri, Astuti and Risa, Yulisna (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN GAMBAR SERI PADA KELAS II SD NEGERI 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
SKRIPSI point i.pdf Download (864kB) |
|
Text
SKRIPSI point ii.pdf Download (136kB) |
|
Text
SKRIPSI point iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu kurangnya kemampuan menulis siswa, guru dominan menggunakan metode ceramah, dan media pembelajaran kurang bervariasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas II SD Negeri 03 Alai Padang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan jumlah siswa 30 orang di kelas II SD Negeri 03 Alai Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas kemampuan menulis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 69% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 88% (sangat baik). Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 71% (baik) meningkat pada siklus II sebanyak 88% (sangat baik). Hasil kemampuan menulis siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 75, sedangkan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 83. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan model Project Based Learning menggunakan gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas II SD Negeri 03 Alai Padang. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia, Model Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 02:18 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22005 |
Actions (login required)
View Item |